Senin, 11 Juni 2012

Menata Kembali

pramuka indonesia
Pramuka telah ada sejak dahulu kala. Bahkan dalam membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia pun pramuka merupakan salah satu pilarnya. Hampir setiap sekolah mulai dari SD, SMP SMA bahkan perguruan tinggi pun ada pramukanya.
Buka karena tren ikut-ikutan tapi pramuka telah melekat pada jati diri Bangsa Indonesia. Secara harfiahnya definisi pramuka itu sendiri adalah sebagai berikut :
Gerakan Pramuka adalah nama sebuah organisasi yang merupakan lembaga pendidikan non formal diluar sekolah dan keluarga. Adapun fungsi dari organisasi ini adalah sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, yang berlandaskan Sistem Among dengan menerapkan Prinsip Dasar Metodik Kepramukaan (PDMK). Dimana pelaksanaan dalam Gerakan Pramuka menurut pada Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka dan disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, juga perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia.


Dari hasil pendidikkan serta pembinaan perkembangan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka, alangkah baiknya jika diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari baik melalui pengalaman maupun melalui prestasi.
Keberadaan serta kehadiran kegiatan kepramukaan memang telah ada dan berkembang sejak dulu, namun karena perputaran waktu, minat mahasiswa yang kurang pada waktu itu serta banyaknya permasalahan maka UKM Pramuka menjadi pasif hampir satu dekade lebih. Namun karena awal tahu 2010 banyaknya minat mahasiswa yang mendukung tentang kegiatan pramuka di tingkat Universitas atau setingkat Racana maka dibentuklah panitia musyawarah racana pada tahun 2010 yang kemudian dilaksanakanlah kegiatan Musyawarah Racana Kujang Pakuan-Sekar Pakuan Universitas Pakuan tahun 2010. Dengan menghasilkan ketua racana putra dan ketua racana puteri beserta jajaran pengurus lainnya, UKM Pramuka bangkit dan mengikuti berbagai bahkan mengadakan kegiatan meskipun hanya setingkat internal pramuka unpak. Diantara kegiatan yang telah diikuti di kepengurusan 2010 ini adalah kegiatan Temu Pandega Nasional (TPN), KMD diberbagai Daerah atau Kota, Kegiatan tingkat Cabang (Raimuna Cabang) serta kegiatan lainnya. Semoga dengan adanya semangat baru UKM Pramuka Universitas Pakuan bisa terus bangkit dan ikut serta dalam kegiatan kepramukaan baik itu tingkat ranting, cabang, daerah nasional bahkan internasional.